Sabtu, 13 September 2014

ICT for Business

       Informasi adalah data yang telah di olah. Sedangkan  komunikasi adalah penyampaian pesan ke seseorang.
Definisi dari komunikasi adalah suatu upaya yang bertujuan untuk mencapai kebersamaan.
Menurut Howard Stephensen komunikasi itu penyampain pesan.
Unsur-unsur komunikasi
1.      Pesan
2.      Pengirim dan penerima
3.      Feedback
4.      Media/ saluran komunikasi (sebagai jembatan)
5.      Lingkungan yang berpengaruh
         
        Fungsi komunikasi adalah menyatakan dan mendukung identitas diri dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa berpikir, atau berprilaku seperti yang kita inginkan.
Bentuk  komunikasi
1.      Verbal adalah  berhunbungan dengan kata-kata ( bicara&menulis), mendengar dan membaca.
2.      Non verbal adalah ekspresi dan segala gerakang tubuh strukturnya teratur.
Saluran komunikasi
·         Formal : perusahan sendiri
·         Nom formal : perbincangan pribadi
Hambatan Komunikasi
·         Individu-individu
·         Individu kekelompok
·         Kelompok-kelompok

Hambatan komunikasi
1.      Antar orang :  - Perbedaan persepsi dan bahasa
                                    -Pendengaran yang buruk
                                    -Gangguan emosional
                                    -Perbudayaan budaya
                                    -Gangguan fisik
2. Dalam organisasi : -Kelebihan beban informasi dan pesan yang bersaing
                                -Penyaringan yang tidak tepat
                                -Iklim komunikasi tertutup atau tidak memadai

v  Sebagian besar komunikasi adalah non verbal
v  Makna pesan pada orangnya bukan pada kata-kata
v  Komunikasi bersifat “sekutcer”: netral
v  Pentingnya menciptakan kesepakatan

Bentuk-bentuk komunikasi menurut pakar lain
·         Komunikasi oral
·         Komuniksi tertulis
·         Komunikasi persuasif
·         Komunukasi Nonverbal
·         Komunikasi antar personal



Pola Komunikasi
1.      Intrapersonal Communication
Komunikasi dengan diri sendiri. Contoh berbicara pada diri sendiri di cermin, berbicara dalam hati.
Karakteristik:
-          Keputusan merupakan hasil berpikiri atau usah intelaktual
-          Keputusan selalu melibatkan pilihan dari berbagai alternatif
-          Keputusan selalu melibatkan tindakan yang nyata
2.      Interpersonal Communication
Komunikasi antar pribadi
Karakteristik:
-          Bisa dibedakan
-          Disampaikan lebih komunikator
-          Direncanakan pada khalayak
3.      Smallgroup Communication
Contoh rapat, belajar kelompok membicarakan satu permasalahan
Karakteristik:
-          Kedudukan mereka sejajar
-          Sulit di bedakan yang mana komunikator dan komunitan
4.      Mass Communication
-          Media masa modern
-          Lewat modem
-          Bersifat anonim
-          Dari publik dan untuk publik
-          Gate keeper
-          Massa dalam jumlah besar

Tipe jaringan dalam komunikasi
·         Chain: rantai
·         Circle: level yang sama (antar staf)
·         Whell: bawalan menyapakan pesan pada atasan
·         Allchanel: brainstroming
Bentuk hubungan dalam jaringan
·         Bintang: sebagai pusat komunikasi dari berbagai orang ada satu orang yang menjadi.
·     Penghubung: penghubungan antar suatu kelompok tapi tidak termasuk kedalam kedua kelompok    tersebut.
·         Pemencil/isolate: terpisah (berbeda tetapi di dalam lingkungan).
·         Neglectee: orang yang memilih tetapi tidak dipilih tapi ia masuk dalam kelompok.
·         Penjaga pintu: dalam komunikasi tersebut pada pengontrol.
·         Jembatan/Bridge: diantara kedua group ada yang menyambungkannya atau komunikatornya.

     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar